Rudisony

Community children’s digital villages

Eksekusi Mati Virus Melalui CD

Posted by rudisony on June 9, 2008

Sampai saat ini belum ada virus yang dapat menginfeksi media rekam/simpan yang ijin aksesnya read-only. Jadi mari kita coba merakit alat perang menggunakan keping CD-R untuk membasmi virus. Satu hal yang perlu Anda perhatikan, lakukan perakitan ini di komputer yang sehat dan koneksi Internet-nya benar-benar aman.

Bahan Baku Alat Perang

Antivirus apa yang kita tanamkan ke dalam CD-R? Yang ideal adalah F-prot, sebuah antivirus produk FRISK yang juga merilis antivirus F-Secure . F-prot ini bebas digunakan.

Awalnya, antivirus F-prot berjalan di sistem operasi Linux. Namun, sekarang sudah ada versi Windows (DOS)-nya, dan bisa di-download di alamat situs Frisk (http://www.f-prot.com/download/). Jangan lupa pula download juga update definisi virusnya. Ingat, jika antivirus adalah senapan, update definisi virus adalah pelurunya. Tanpa update definisi virus, antivirus akan kebobolan, karena tidak mampu mengenali varian virus-virus baru.

Setelah semua file di-download, buatlah satu folder di harddisk dengan nama F-prot. Lalu ekstraksilah file-file yang telah di-download ke dalam folder F-prot . Perhatikan urutan ekstraksi file: file antivirus (f-prot.zip), file definisi virus (fp-def.zip), file definisi virus makro (macrdef.zip). Jangan dibalik!

Jika dalam proses ekstraksi file definisi antivirus terdapat tawaran untuk menimpa (overwrite) file definisi virus lama yang ada dalam mesin antivirus, pilih Yes to All. Antivirus dalam mesin antivirus F-prot tertanggal 15 Juni 2006, yang jelas sudah kadaluarsa. Karena itu timpa saja dengan definisi virus yang baru, tertanggal 11 Maret 2008.

Setelah proses ekstraksi selesai, bakarlah folder F-prot ke dalam CD-R. Lakukan perekaman ke CD-R pada komputer yang bersih dari virus. Nah, selesailah sudah perakitan persenjataan kita, dan kita siap membasmi virus di komputer yang terinfeksi.

Menjajal Kebolehan Senjata Rakitan

Masukkan CD-R antivirus F-prot ke dalam CD-ROM komputer yang akan di-scan. Restart komputer menggunakan disket atau CD yang bootable sehingga memunculkan prompt (konsol perintah berbasis teks).

Jika Anda tidak memiliki CD bootable, masuklah ke Safe Mode melalui Restart dan menekan-nekan tombol F8. Ketika muncul tawaran untuk masuk ke Safe Mode, klik Yes. Dari tombol Start, klik menu Run. Ketikkan perintah cmd dan tekan Enter. Nah, kita sudah masuk ke konsol perintah berbasis teks (command line terminal).

Langkah berikutnya, masuklah ke direktori CD-ROM (biasanya di direktori D:-). Kalau mau keluar dari satu folder, menuju ke direktori yang lebih atas, berikan perintah cd.. (titiknya dua). Jika langsung mau menuju direktori C:|- ketikkan perintah cd-.

Untuk masuk ke suatu direktori, berikan perintah <nama_direktori>:, misalnya: d:. Dari dalam direktori CD-ROM inilah kita jalankan antivirus F-prot dengan perintah f-prot /inter. Jika komputer Anda tidak memiliki drive A (untuk floppy disk), silakan dahului dengan perintah f-prot /nofloppy (gambar 7). Lakukan pengaturan parameter scanning dengan kendali tombol-tombol arrow (panah) di keyboard, Esc, serta Enter .

Selamat melakukan sanitasi data-data Anda. (sumber: InfoKomputer)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: