Rudisony

Community children’s digital villages

Sekilas Tentang Wanadri

Posted by rudisony on September 15, 2008

Gagasan untuk mendirikan Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri dicetuskan oleh sekelompok pemuda yang sebagian besar adalah bekas pandu pada bulan Januari 1964. Perhimpunan ini kemudian diresmikan pada tanggal 16 Mei 1964. Wanadri terdiri dari sekelompok orang yang mencintai kehidupan di alam bebas. Wanadri lebih jauh lagi merupakan masyarakat tersendiri, yang memiliki aturan dan norma baik tertulis maupun tidak, namun semua itu berlaku dan dihormati.

Pengembaraan di gunung-gunung yang tinggi, hutan rimba yang lebat, jurang-jurang yang dalam, tebing-tebing yang terjal, bergulat dengan arus deras, riam atau jeram, bahkan lautan luas. Hal ini disadari atau tidak tentu akan memberi pengaruh pada bentuk karakter pribadi seseorang. Berbagai rintangan yang dihadapi di dalam pengembaraan akan membuat orang menjadi lebih tabah, tidak mudah putus asa. Di tengah kebesaran alam, keindahan dan mungkin keganasannya, seorang Wanadri akan semakin menyadari keagungan Tuhan Sang Pencipta.

WANADRI telah mengembangkan berbagai pengetahuan dan keterampilan hidup dialam bebas. Olah Raga Arus Deras (ORAD), pendakian tebing terjal (rock climbing), pendakian gunung es dan salju adalah aktivitas yang selalu dikembangkan oleh Wanadri. Melalui Badan Pendidikan dan Latihan, Wanadri kerap kali mengadakan sekolah khusus untuk keterampilan di alam terbuka.

Sebagai sebuah organisasi pendidikan dengan alam sebagai medianya, bermain di alam terbuka adalah keharusan bagi anggotanya. Banyak perjalanan yang telah dilakukan oleh Wanadri baik dalam maupun luar negeri. (sumber: Wanadri.org)

14 Responses to “Sekilas Tentang Wanadri”

  1. rully said

    halo wanadri…..

  2. zaini said

    gimana kabarnya…. wanadri ? aku bukan anggota, cuma seneng liat kegiatan wanadri.

  3. james annex laoly said

    halo wanadri……….
    saya udah lama kenal wanadri melalui dunia maya………
    saya sangattertarik derngan kegiatan pembentukan pribadinya yang melalui media alam…….
    saya mau nanya gimana caranya untuk jadi salah satu peserta pelatihan atau anggota wanadri..?
    apa wanadri mengadakan elatihan bagi pemuda emuda di luar jawa taupun membuka cabang di daerah daerah lain……….

    klu memeng adeda tlg kak di informasikan ke kita,,,,,,,
    alamat email saya : james.annex@yahoo.co.id
    juga sebagai perkenalan saya juga adalah salah satu kader dari pramuka dan masih aktif trus sampai sekarang……..

  4. Yelly monika said

    I always read bout Wanadri………….
    tp skrg msh lum yakin sepenuhnya dg kemampuan sendiri u ikut Pendidikan dasar Wanadri!!!
    Bisa g’ yach???
    kdg2 setelah baca pd DikSar byk yg menyerah ditengah jalan jd ragu aja.
    klu ada training dulu mau juga ne……….
    wlupun aq pendaki gunung, penjelajah alam, tp rasanya adaa aja yg kurang ilmunya!
    reply me…….
    klu mang ada training u pemula,😉
    Salam Lestari!

  5. abuy said

    suksezs terus

  6. Gerry said

    Sebenarnya saya minat sekali untuk menjadi anggota Wanadri, namun apa daya fisiknya tidak memungkinkan. Ya siapa tau Wanadri merekrut saya menjadi anggota kehormatan Wanadri. O iya, d Wanadri ada juga kawan-kawan yang sudah menjadi anggota, dinataranya Ade Harry Firdaus,Fajar, Djami, Sunny dan lain lain. Ok, semoga Wanadri selalu sukses…..

  7. anjar said

    saya udah lama kenal wanadri da di bandung…tapi terpental sekarang diluar
    saya sangat ingin dan
    tertarik kegiatan pembentukan pribadinya yang melalui media alam…….
    saya mau nanya gimana caranya untuk jadi salah satu peserta pelatihan atau anggota wanadri..?
    pendidikan seberat apa, terus berapa dilaksanakan,untuk menjadi anggota muda apa aja syarat2
    nya, minta imformasinya buat anggota weanadri….

    thank…
    mecca

  8. anjar said

    saya udah lama kenal wanadri da di bandung…tapi terpental sekarang diluar
    saya sangat ingin dan
    tertarik kegiatan pembentukan pribadinya yang melalui media alam…….
    saya mau nanya gimana caranya untuk jadi salah satu peserta pelatihan atau anggota wanadri..?
    pendidikan seberat apa, terus berapa dilaksanakan,untuk menjadi anggota muda apa aja syarat2
    nya, minta imformasinya buat anggota weanadri….

    ginanjarmardjuki@yahoo.com
    thank…
    mecca

  9. achmad subhan said

    salam rimba,semoga tetap jaya.namumu sudah dikenal dan segani oleh siapapun.terus harumkan nama Indonesia dimata dunia

  10. mas saya tertarik nich bergabung ma wanadri.gimana cara daftar jadi anggota nya ma

  11. Aphey Chopack said

    Salam Rimba….Salam Lestari
    Dear WANADRI….
    Wanadri….Wanadri….Wanadri….Inilah yang selalu aku ingat sejak jaman SD dulu…Wanadri….telah memberikan Motivasi yang sangat Besar Sekali Buat hidup aku….seiring Berjalannya waktu,hari demi,tahun demi tahun berlalu…kucoba atur hidupku untuk selalu dekat dengan alam dan menjadi sahabatnya…serta belajar darinya….sampailah tiba saatnya PDW 1996….inilah saat yang aku rasa aku mampu untuk ikut bergabung menjadi seorang WANADRI SEJATI….namun sayang , Niat dan Harapan masa kecil untuk menjadi seorang WANADRI pupus sudah….karena aku Tidak Bisa Memenuhi syarat2 mengenai peralatan yg hrs disiapkan…maklumlah aku hanyalah Anak Desa yang lahir ditengah keterbatasan….kecewa memang kecewa….tapi apa mau dikata….inilah jalan Hidup aku….
    Namun walau Begitu….DARAHKU….DARAH WANADRI….Kini Aku Jalani Hidupku Sebagai Petualang Lintas Batas…..yang selalu menapaki jalan2 sunyi,yang selalu berpindah2 dari hari kehari … yang tidak pernah menatap mentari pagi dari tempat yang sama….Sepanjang Hidupku…akan kujejaki peloksok2 negeri ini dari waktu kewaktu seiring dengan perjalanan hidupku……
    WANADRI….WANADRI….WANADRI…..Namamu Akan Selalu HARUM Disanubariku….
    Salam Rimba….Salam Lestari…..
    Semoga WANADRI tetap Jaya Dibumi Nusantara ,terus Berkiprah dan Berkarya Dijagat Petualangan….AMIN.

    Salam Rimba…

    Aphey Chopack
    NRP. M 020696 RSBC
    ( Rimba Sangga Buana Ciremai )

  12. ankgie novel said

    salam rimba..
    saya sangat ingin menjadi anggota WANADRI..
    InsayAllah PDW 2012 saya ikut..
    semoga diterima…
    amin,,

Leave a Reply

 
