Rudisony

Community children’s digital villages

Sejarah PSMS Medan

Posted by rudisony on May 13, 2009

[Image: Logopsms.gif]

Persatuan Sepak Bola Medan Sekitarnya atau biasa disingkat PSMS Medan adalah sebuah klub sepak bola Indonesia yang berbasis di Medan, Sumatra Utara. PSMS Medan saat ini bermain di Liga Super Indonesia Liga Indonesia.

PSMS Medan dirikan pada tanggal 21 April 1950. Meski demikian sejak tahun 1930 telah berdiri klub Medansche Voetbal Club (MSV) yang diyakini merupakan embrio PSMS. Sejak dahulu kota Medan dikenal dunia oleh karena perkebunan tembakau Delinya. Tak heran bahwasannya logo PSMS berupa “daun” dan “bunga tembakau Deli”.

PSMS Medan dikenal dengan tipe permainan khas rap-rap yakni sepak bola yang berkarakter keras, cepat dan ngotot namun tetap bermain bersih menjunjung sportivitas. Inilah yang kerap ditunjukkan oleh tim berjuluk “Ayam Kinantan” ini.

Menjelang digelarnya Liga Super Indonesia pada 12 Juli 2008, tim ini masih dipayungi dengan polemik internal antar pengurus tim dengan pihak pengelola yang mencuatkan pengunduran diri PSMS Medan dari ajang LSI 2008 di mana akhirnya pada tanggal 10 Juli 2008 Badan Liga Indonesia memutuskan untuk tetap mengikutsertakan PSMS Medan mengikuti ajang Liga Super Indonesia meski harus menggunakan Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta pada paruh musim pertama setelah pihak pengelola setuju memberi kompensasi sebesar Rp. 2,5 miliar sebagai dana renovasi infrastruktur Stadion Teladan, Medan.

Nama lengkap Persatuan Sepak bola Medan Sekitarnya
Julukan Ayam Kinantan
Didirikan 1950
Stadion 1. Stadion Teladan,Medan, Indonesia;
2. Gelora Bung Karno,Jakarta,Indonesia(sementara) (Kapasitas: 15.000)
Ketua Umum Abdillah
Manajer Sihar Sitorus
Liga Liga Indonesia 2008 Liga Super Indonesia

Sejarah PSMS Medan di Liga Indonesia

1.Ligina I : 2 Wilayah (Wilayah Barat)
Prestasi : Papan Tengah.
Pemain Kunci : Iwan Karo-Karo, Abdul Rahman, Witya Fusen, Irfansyah.
Komentar : PSMS pada saat tersebut dijuluki jago kandang karena sulit dikalahkan bila bermain di Medan.

2.Ligina II : 2 Wilayah (Wilayah Barat)
Prestasi : Papan Tengah
Pemain Kunci : Ronaldo (Bra), Alessandro (Bra), Iwan Karo-Karo dkk.
Komentar : Pada ligina ke-2 ini salah satu partai yang paling mengesankan adalah ketika PSMS bertandang ke kandang Pelita Jaya dan menang 4-3. Pencetak gol saat itu : Ronaldo, Alessandro, Khair Rifo (2). Salah satu pencetak gol Pelita saat itu : Giuseppe Accardi (Ita) yang sekarang diketahui berprofesi sebagai pemandu bakat bagi klub-klub Eropa. Pada musim ke-2 ini, adalah awal sejarah dimana PSSI mensubsidi dua pemain asing bagi setiap tim.

3.Ligina III : 3 Wilayah (Wilayah Tengah)
Prestasi : Nyaris Degradasi
Pemain Kunci : Khair Rifo, M. Halim, Brazio (Bra).
Komentar : Merupakan awal bangkitnya PSMS diliga selanjutnya. Bermain cemerlang membuat dua pemain kunci Khair Rifo dan M. Halim berpindah haluan ke Persib pada musim berikutnya.

4.Ligina IV : 2 Wilayah (Wilayah Barat)
Prestasi : Peringkat 1 wilayah barat (sementara)
Pemain Kunci : Saphou Lassy (Gbn), Alain Mambenda (Gbn), Meiyadi Rakasiwi, M. Affan Lubis.
Komentar : Partai terakhir PSMS sebelum liga dihentikan adalah Vs PSIS dan kalah 1-2 di Teladan. Partai mengesankan adalah melawan Pelita Jaya dengan hasil 4-2 & 2-2 Pelita adalah tim favorit dengan duet Kurniawan dan Dejan Glusevic, tapi PSMS tidak terkalahkan ketika melawan mereka. Dan di musim kompetisi ini PSMS dikenal sulit ditaklukan baik ketika bermain kandang maupun tandang.
Pelatih : Jairo Matos (Bra) tapi diganti oleh Suimin Dihardja.

5.Ligina V : 5/6 Wilayah ( Wilayah IA)
Prestasi : Juara Wilayah dan Semifinalis.
Pemain Kunci : Jean Michel Babouaken (Cam), Baco Sadissou (Cam), Affan Lubis, Sahari Gultom.
Komentar : Partai Pertama 8 Besar PSMS – PKT 1-0 ( Babouaken ) PSMS kalah disemifinal ketika menghadapi Persebaya dengan adu pinalti, ketika itu PSMS mengenakan seragam putih.

6.Ligina VI : 2 Wilayah ( Wilayah Barat )
Pemain Kunci : Nelson Leon Sanchez (Chl), Jaime Rojas (Chl), Ariel Guttierrez (Chl), Colly Misrun, Slamet Riyadi.
Prestasi : 8 Besar Group B di Makassar.
Komentar : Merupakan tahun ketiga ditangani oleh Suimin Dihardja yang mana pelatih ini dikenal sebagi pelatih kampung yang membuat PSMS menjadi salah satu tim elit yang paling disegani di kompetisi utama Liga Indonesia. Selain itu pada musim ini, PSMS juga mengenalkan salah satu bintang lokal bernama Edu Juanda.

7.Ligina VII : 2 Wilayah (Wilayah Barat)
Pemain Kunci : Mourmada Marco (Gbn), Ariel Guttierrez (Chl), Colly Misrun, Supriyono, Edu Juanda, Sahari Gultom.
Prestasi : Juara Wilayah Barat dan semifinalis Ligina.
Komentar : Secara tragis PSMS kembali tersingkir di semifinal lewat adu pinalti yang kali ini dimenangi oleh PSM Makassar. PSMS sendiri ketika adu pinalti terpaksa menggunakan kiper kedua, Suprayetno setelah Sahari Gultom mengalami cedera. Musim ketujuh ini juga menjadi titik balik dari kekuatan PSMS yang membuat pelatih Suimin Diharja keluar.
Skuad lainnya: Abdul Rahman Marasabessy, Mahadi, Lilik Suheri, Gunawan, M.Erwin, Agustiono. Sueb Suprarpto, Alamsyah Nasution, Sugianto, Slamet Riyadi.

8.Ligina VIII : 2 Wilayah (Wilayah Barat)
Pemain Kunci : Zulkarnaen, Nasib Rayadi, Francis Wolo (Lbr), Herman Pulalo, Saktiawan Sinaga, Syaiful Amri Harahap, Supriyono.
Prestasi : Degradasi.
Komentar : Prestasi paling buruk PSMS meski sempat mendapat bantuan tenaga dari Saphou Lassy.
Pelatih : Abdul Rahman Gurning.

9. Ligina IX : 2 Wilayah (Wilayah Barat)
Pemain Kunci : M. Affan Lubis, Nasib Rayadi, Saktiawan Sinaga, Coli Misrun
Prestasi : Peringkat 2 Divisi Satu dan Promosi ke Divisi Utama
Pelatih : Nobon Kayamudin
Komentar : Bermain di Divisi Satu adalah sejarah terburuk bagi salah satu tim pilar Liga Indonesia ini. Nabun di bawah tangan dingin pelatih Nobon Kayamudin, PSMS berhasil promosi ke Divisi Utama. Kendati membawa PSMS promosi, Nobon didepak oleh klub dan kemudian digantikan oleh pelatih Sutan Harhara.

10. Ligina X : 2 Wilayah (Wilayah Barat)
Pemain Kunci : M. Halim, Cristian Gonzales (Cili), Saktiawan Sinaga
Prestasi : Peringkat ke-7 Wilayah Barat
Pelatih : Sutan Harhara
Komentar : Kembali ke Divisi Utama membuat PSMS tidak ingin lengah dan mengulang degradasi. Meski dibesut pelatih stylish Sutan Harhara, PSMS hanya bertengger di papan tengah Wilayah Barat.

11. Ligina XI : 2 Wilayah (Wilayah Barat)
Pemain Kunci : Alejandro Tobar (Cili), Alcidio Fleitas (Cili), Cristian Carrasco (Cili), Saktiawan Sinaga, Mario Alberto (Cili), Mbom Mbom Julien (Kamerun)
Prestasi : Babak 8 Besar
Pelatih : M. Khaidir
Komentar : Di musim pertama menjadi pelatih utama di PSMS Medan membuat nama mantan pelatih kepala PSAD Medan M. Khaidir melejit menjadi salah satu pelatih yang cukup disegani di Liga Indonesia seiring dengan keberhasilannya membawa PSMS melaju ke putaran 8 Besar.

12. Ligina XII : 2 Wilayah (Wilayah Barat)
Pemain Kunci : Markus Horison, Alejandro Tobar (Cili), Mario Alberto (Cili), Mbom Mbom Julien (Kamerun), Greg Nwokolo (Nigeria), Saktiawan Sinaga, Legimin Raharjo, Mahyadi Panggabean
Prestasi : Peringkat 5 Wilayah Barat
Pelatih : M. Khaidir
Komentar : Pada musim kedua kepelatihan M. Khaidir justru menjadi puncak karirnya bersama PSMS Medan setelah dituntut mundur pasca kekalahan kandang atas Persitara yang juga mampu mengalahkan PSMS di kandang Persitara yang ketika itu digelar di Cilegon, Banten. PSMS sendiri hanya menduduki posisi 5 dan gagal melaju ke babak 8 besar setelah pada pertandingan terakhir kalah 0-1 atas Persijap Jepara yang digelar di Stadion Teladan, Medan. Posisi kosong M. Khaidir untuk sementara diganti oleh Asisten Pelatih Rudi Sa’ari yang berhasil memboyong untuk ketiga kalinya event tahunan Piala Emas Bang Yos di Jakarta. Musim ini para pendukung PSMS dan anggota dewan memintar pertanggungjawaban APBD senilai Rp. 16 Miliar yang dikucurkan untuk mengikuti Ligina XII.

13. Ligina XIII : 2 Wilayah (Wilayah Barat)
Pemain Kunci : Markus Horison, Murphy Kumonple Nagbe (Liberia), James Koko Lomell (Liberia), Legimin Raharjo, Usep Munandar, Mbom Mbon Julien (Kamerun), Mahyadi Panggabean, Saktiawan Sinaga, Supardi, Gustavo Chena (Argentina)
Pelatih : Freddy Muli
Komentar : Inilah prestasi tertinggi PSMS Medan dengan menjadi finalis Liga Indonesia. Di partai puncaknya PSMS dikalahkan 1-3 oleh Sriwijaya FC yang juga berhasil menyingkirkan PSMS di babak semifinal Piala Indonesia. Hanya setahun menangani PSMS, pelatih Freddy Muli memilih kembali ke Persebaya yang dilatihnya sebelum hengkang ke PSMS Medan.

PSMS Medan mempunyai 2 kelompok pendukung yang menamakan dirinya KAMPAK FC (Kesatuan Anak Medan Pecinta Ayam Kinantan Fans Club) dan SMeCKmania (Supporter Medan Cinta Kinantan). Walau pun sama2 pendukung tim PSMS medan ke2 kelompok supporter ini tak pernah akur dalam setiap pertandingan PSMS di teladan atau pun tandang.

Rekor Perserikatan

* 1954 – Runner-up, kalah dari Persija Jakarta
* 1957 – Runner-up, kalah dari PSM Ujungpandang (sekarang PSM Makassar)
* 1967 – Juara, mengalahkan Persebaya Surabaya
* 1971 – Juara, mengalahkan Persebaya Surabaya
* 1975 – Juara bersama, dengan Persija Jakarta
* 1983 – Juara, mengalahkan Persib Bandung
* 1985 – Juara, mengalahkan Persib Bandung
* 1992 – Runner-up, kalah dari PSM Ujungpandang

Rekor di Liga Indonesia

* 1994/1995 – Peringkat ke-9 Divisi Utama Wilayah Barat
* 1995/1996 – Peringkat ke-11 Divisi Utama Wilayah Barat
* 1996/1997 – Peringkat ke-10 Divisi Utama Wilayah Tengah
* 1997/1998 – Peringkat ke-1 Divisi Utama Wilayah Tengah (Liga dihentikan)
* 1998/1999 – Semifinalis Divisi Utama ( Juara Grup A, Peringkat ke-2 Grup Q Babak 10 Besar)
* 1999/2000 – Babak 8 Besar Divisi Utama (Peringkat ke-4 Wilayah Barat)
* 2001 – Semifinalis Divisi Utama (Juara Wilayah Barat, Juara Grup Barat Babak 8 Besar)
* 2002 – Peringkat ke-11 Divisi Utama (Degradasi)
* 2003 – Divisi Satu, Peringkat ke-2 (Juara Grup A)
* 2004 – Peringkat ke-7 Divisi Utama
* 2005 – Peringkat ke-4 Divisi Utama (Peringkat ke-4 Wilayah Barat, Peringkat ke-2 Grup Timur Babak 8 Besar)
* 2006 – Peringkat ke-5 Wilayah Satu
* 2007 – Runner-up

Gelar lain

* 2005 – Juara ke-4 Copa Dji Sam Soe
* 2005 – Juara Pertama Piala Emas Bang Yos II (14 Februari 2005), di final mengalahkan tim asal Singapura Geylang United FC dengan skor 5-1.
* 2005 – Juara Pertama Piala Emas Bang Yos III (17 Desember 2005), di final mengalahkan Persik Kediri dengan skor 2-1.
* 2006 – Juara Pertama Piala Emas Bang Yos IV(16 Desember 2006), di final mengalahkan PSIS Semarang dengan skor 4-2 (1-1) melalui drama adu pinalti dan PSMS Medan dinobatkan sebagai pemilik abadi Piala Emas Bang Yos.

Pelatih

* 2000-2002 Suimin Diharja
* 2002-2002 Parlin Siagian dipecat 15 Februari 2002
* 2002-2003 Abdul Rahman Gurning
* 2003-2003 H. Nobon Kayamuddin
* 2003-2005 Sutan Harhara diangkat November 2003 dan mengundurkan diri 25 Juli 2005
* 2005-2006 M. Chaidir dipecat dua hari setelah partai tandang PSMS dikalahkan oleh Persitara yang kemudian digantikan oleh asisten pelatihnya, Rudi Saari
* 2006-2008 Fredy Mulli sekarang kembali melatih Persebaya
* 2008 Iwan Setiawan pelatih muda berlisensi A plus Indonesia Super Liga, sebelumnya melatih Persibom

Coach

* Head Coach: Eric Williams (, [Image: 25px-Flag_of_England.svg.png]Perseman)|
* Assistant Coach: Rudi Saari (,[Image: 25px-Flag_of_Indonesia.svg.png] PSMS)|
* Head Coach Medan United Academy: Eric William (, [Image: 25px-Flag_of_England.svg.png]Perseman, Timnas U-16 Indonesia)|
* Goalkeeper Coach: Mardianto (, [Image: 25px-Flag_of_Indonesia.svg.png]PSMS)|
* Physical Coach: Ardi Nusri (, [Image: 25px-Flag_of_Indonesia.svg.png]PSMS)|
* Public Speaker: Sarluhut Napitupulu (,[Image: 25px-Flag_of_Indonesia.svg.png] PSMS)

Squad
No. Posisi WN Nama Pemain Klub Asal Tempat/Tanggal Lahir
30 GK Ekwan Roy Sandi Persiwa Medan, 31 Agustus 1988
1 GK Zul Bahra Persiraja Langsa, 20 Januari 1986
20 GK Galih Sudaryono PSS Semarang, 14 Januari 1987
19 D LC Andriansyah Arema Banda Aceh, 12 Juli 1983
4 SW/D C Bambang Tri Sanjaya PSDS Medan, 26 Juni 1986
14 D C Andrie Yoga PSS Banda Aceh, 1 Agustus 1982
3 D C Fadli Hariri Persmin Medan, 16 Maret 1985
5 D C Patricio Antonio Jimenez, Pato Persib Chile, 23 Juni 1975
6 DC Aun Carbiny Medan Jaya Medan, 9 Mei 1984
15 D/M C Syahroni Persibom Tangerang, 20 September 1982
11 D R Asri Akbar Semen Padang Takalar, 29 Januari 1984
23 D/WB R Hendra Saputra Persibom Idi, 6 Juni 1982
18 WB R Doddy Cahyadi Persiraja Tanjung Balai, 2 Februari 1983
21 D M Sugianto Persibom Medan, 2 September 1981
2 D M Erwinsyah “Monang” Hasibuan PSMS Medan Medan, 17 Maret 1986
26 M C Rachmadani F. Persibom Bandung, 30 Mei 1984
8 AM R Muhammad Affan Lubis Persikabo Pematang Siantar, 10 April 1978
7 M C Mukhlis Sawang PSSB Bireun Lhokseumawe, 19 September 1983
… M C Ronny Rowanda Persiter
… AM R Elie Aiboy Selangor FC Jayapura, 20 April 1979
17 AM C Leonardo Martins Dinelli, Zada LD Alajuelense Barra do Pira, Brazil, 21 Mei 1977
22 AM C Fabricio Bastos Pereira Persiba
10 ST Anderson Ribeiro Pereiro Klaksivikar Itrottarfellag 15 April 1980
… ST Henry Olufosoye Makinwa Gretna FC Lagos, Nigeria, 6 November 1977
16 ST Rachmat Affandi Persikabo Jakarta, 5 April 1984
… ST Dicky Gautama Persikabo
9 ST Andika Yudhistira PSMS Medan, 11 April 1986
… … Raymond Aiboy …

Pemain Keluar Paruh & Akhir Musim

* GK Markus Horison ke Persik
* GK Decky Ardian Cahyadi ke Persijap Jepara
* GK Usman Pribadi
* DF Murphy Kumonple Nagbe
* DF Masperi Kasim ke Semen Padang
* DF Usep Munandar ke Persik
* DF Francouis Ndongo Mpesa
* MF Mahyadi Panggabean ke Persik
* MF Mbom Mbom Julien ke Persema Malang
* MF Legimin Raharjo ke Persik
* MF Gustavo Chena ke Perlis FA
* FW Saktiawan Sinaga ke Persik
* FW Boy Jati Asmara ke Deltras Sidoarjo
* FW Putut Waringin Jati ke Semen Padang
* FW James Koko Lomell
* FW Frank Seator ke Selangor FC

Sumber : Dari berbagai sumber

2 Responses to “Sejarah PSMS Medan”

  1. slam kenal dari bobotoh jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: