Rudisony

Community children’s digital villages

Profil Didier Drogba

Posted by rudisony on October 14, 2009

drogba

Tipe striker modern sejati. Didier Drogba memiliki segala yang dibutuhkan seorang penyerang andal di masa kini. Dia kuat, punya insting mencetak gol yang tinggi serta lihai mencari posisi. Inilah yang menjadikannya sebagai salah satu striker paling ditakuti lawan.

Drogba mulai mencuri perhatian dunia ketika menjadi tampil istimewa di Olympique Marseille pada musim 2003-04. Dia mencetak 29 gol dalam semusim dengan perincian 19 gol di Ligue 1, lima di Liga Champions, dan enam di Piala UEFA. Selain itu, di musim yang sama dia juga mengantar Marseille ke final Piala UEFA, meski kalah dari Valencia.

Sesudahnya banyak klub besar Eropa meminatinya. Chelsea yang beruntung memilikinya dengan mentransfernya seharga 24 juta pounds pada awal musim 2004-05.

Musim pertamanya di Inggris dilalui dengan cedera selama dua bulan. Kendati demikian, rata-rata gol Drogba tetap istimewa. Dia mencetak 16 gol dari 40 partai. Rataan itu hanya kalah dengan prestasi Thierry Henry yang waktu itu masih membela Arsenal. Selain itu, gol-golnya juga berperan besar mengantar Chelsea menjuarai Premier League.

Drogba kembali mencetak 16 gol dalam semusim di musim keduanya. Dua belas di antaranya dilakukan di Premier League. Namun sayang musim ini reputasi penyerang asal Pantai Gading ini ternoda akibat tuduhan gemar melakukan diving dan menghentikan bola dengan tangan.

Kritik itu dibayar tuntas Drogba pada musim 2006-07. Kali ini dia memperlihatkan kelasnya sebagai pencetak gol andal. Buktinya, Drogba mencetak 33 gol dalam semusim. Ini rekor terbaiknya sepanjang karier di Chelsea, sekaligus mengantarnya meraih gelar top skorer di Premier League.

Sukses di musim ini juga mengantar Drogba meraih prestasi individu. Striker kelahiran Abidjan (Pantai Gading) ini menyabet penghargaan pemain terbaik Pantai Gading 2007.

Musim ini pun performa Drogba masih terjaga. Sayang dia tidak bisa penuh membela Chelsea karena harus bermain di Piala Afrika. Selain itu, hubungannya dengan klub dikabarkan mulai retak akibat hengkangnya manajer controversial Jose Mourinho dari Chelsea pada musim 2007-08. Drogba yang dikenal dekat dengan Mourinho diberitakan sampai menitikkan air mata karena sedih.

Tak ayal, hal ini menimbulkan spekulasi tentang masa depan Drogba. Meski menyatakan hendak bertahan, tapi Drogba sering dikaitkan dengan AC Milan dan Barcelona. Kabar yang masuk akal karena striker setajam dirinya pasti diminati tim top Eropa.

One Response to “Profil Didier Drogba”

  1. […] meraih gelar juara ke empatnya di Liga Inggris. Hasil ini di sempurnakan dengan di nobatkannya Didier Drogba sebagai top skorer Liga Inggris musim ini. Bravo Chelsea…. aku akan selalu setia mendukungmu […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: