Rudisony

Community children’s digital villages

Kamera Lubang Jarum

Posted by rudisony on December 16, 2009

Foto: Istimewa

KAMERA Lubang Jarum adalah suatu cara untuk mengambil gambar atau memotret suatu obyek dengan menggunakan kamera yang berlubang sebesar ujung Jarum. Wihhh, kok bisa, ya? Bagaimana caranya? Mau tau?

Kamera Lubang Jarum (KLJ) adalah kamera yang bisa dibuat dari kaleng atau dus yang dilubangi dengan jarum di depannya. Di Indonesia, KLJ ditemukan oleh fotografer Ray Bachtiar Dradjat pada 17 Agustus 2002. Untuk membuat KLJ ini, kaleng atau dus diberi sehelai kertas yang sangat peka terhadap cahaya, dan saat pemasangannya pun harus di tempat terlindung untuk menghindari terkenanya sinar matahari, agar kertasnya tidak terbakar. Wihh kok kayak main petak umpet ajaya? Yah, memang beginilah, dalam kegiatan KLJ.

Foto: NovriyadiFoto: Novriyadi

Setelah itu, setiap fotografer harus berhati-hati dalam mengambil obyek, karena jika mereka tidak berhati-hati maka hasilnya juga tidak bagus. Ataupun jika mereka bergerak sedikit saja, maka obyek yang akan ditangkap akan menjadi buram dan berbayang. Dalam pengambilan obyek ini kita harus bisa bermain dengan perasaan untuk menyesuaikan lama tidaknya kita mengambil gambar. Kameranya tentu saja berbeda dengan kamera zaman sekarang, yang bisa digunakan dengan sekali potret dan hasilnya langsung jadi. Sedangkan KLJ dalam mengambil sebuah obyek membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 45 sampai 60 menit, tergantung kualitas cahaya yang ada. Semakin terang cahaya, maka semakin cepat pula dalam mengambil sebuah obyek.

Foto: NovriyadiFoto: Novriyadi

Langkah yang berikutnya adalah mencuci gambar. Dalam mencuci gambar ini, harus diperhatikan tiga langkah atau bagian yang terpenting (yang lebih komplit) demi mendapatkan kualitas gambar yang bagus. Dan dalam pengaturanya, waktu harus sesuai dalam masing masing cairan. Hasilnya akan berbeda dengan warna yang sebenarnya. Jika warna sebenarnya hitam maka akan berubah menjadi putih, dan sebaliknya jika warnanya putih maka akan berubah menjadiHitam. Ini disebut gambar negative.

Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Dalam pengoprasian KLJ ini, feeling kita sangat diasah untuk mendapatkan hasil yang bagus. Karena dalam menggunakan KLJ, tidak ada fasilitas pengaturan diagfragma, speed dan light meter. Semua serba manual. Bagaimana? Apakah Anda tertarik mencobanya?

sumber: tnol.co.id

One Response to “Kamera Lubang Jarum”

  1. Sy cukup tertarik, tp kurang paham cAra buatnya. MOhn bimbingannya.. Kalau bisa dkash gambr untk langkah2 membuat kameranya. Sblmny termaksh bgt ats bAntUanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: